Analisis Foto (Dokumen)

Metode Penelitian Sosial
Prof. Tri Marheni
03 Desember 2010

Analisis dokumen

Beberapa dokumen yang dapat dijadikan data penelitian diantaranya; foto, gambar, peta, arsip (buku-buku, artikel, surat, buku harian) dan monografi desa.

Berikut conoth analisis dokumen. Saya penelitian di godong purwodadi. Dalam bagian deskripsi bagian ekologi, saya menyertakan peta. Peta ini berfungsi dimana letak penelitian pada suatu wilayah yang luas. Begitu halnya deskripsi tentang kegiatan ekonomi produktif. Pada penelitian saya, juga saya sertakan tentang foto tentang suasana transaksi oleh pedagang pakaian keliling pelanggan keluarga. Pada foto ini dapat berfungsi untuk menunjukkan gambaran yang nyata tentang macam-macam pakaian yang di bawa dan siapa saja yang membeli. Remitan (hasil uang yang di kirim tkw ke desa). Saya juga menyertakan foto tentang jembatan yang dibangun dari uang kiriman tkw (remitan). Saya juga memasukkan foto tentang mushola yang dibangun dari remitan. Lha gambar ini sudah bercerita sendiri.

Bagaimana untuk keaslian dokumen? Bagaimana cara mengukurnya? Ini pertanyaan pada mahasiswa angkatan tahun lalu. Dalam penelitian saya, saya menyalin surat dari tkw untuk orang tuanya. Saya saling persisn seperti aslinya (isinya). Kemudian di bawahnya saya analisis. Saya kira keaslian data akan berpengaruh dengan tingkat kepercayaan penelitian. Jika berani berbohong, maka peneliti sendiri akan rugi. Saya memotret tkw di Malaysia beserta dapurnya. Foto yang saya pasang ini kemudian saya analisis. Jangan menempelkan foto kemudian di tinggal pergi. Dalam analisis foto itu, saya gunakan representasi identitas. Dalam penelitian saya juga, terdapat foto tkw bersama, dimana tkw langsung menunjukkan hp dan perhiasan rangkap tiga. Ini representasi identitas, dimana dia menunjukkan kesuksesannya di Malaysia. Karena dia tahu foto ini akan dikirim ke desanya. Saya menganalisis liminalitas dia. Ini semua merupakan contoh kekuatan dokumen dalam mendukung penelitian kualitatif.

Dalam penelitian doktor saja, bisa menggunakan dokumen untuk bahan penelitian yang nantinya dapat menemukan suatu teori baru. itu hebatnya

beberapa jenis analisis data dokumen diantaranya;
- analisis tekstual (ketika apa yang ada di dalam teks di temukan teori).
- analisis kontekstual (ketika apa yang ada di dalam naskah ini di hubungkan dengan kontekstual).
- analisis tematik (tergantung temanya,, misalnya mengnalisis tentang tema. faktor penyebab misalnya. itu tematik.
- analisis interpretatif (menganalisis dokumen dengan teori tertentu).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Analisis Foto (Dokumen)"

Post a Comment