Galery

Galery

Transkrip & Koding

Transkrip & Koding
Pro. Dr. Tri Marheni Puji Astuti
03 Desember 2010

Transkrip yaitu menganalisis rekaman ke teks.
Penulisan transkrip sepenuhnya dari dalam rekaman. Jangan di reduksi duluan.

Koding yaitu mengkode sesuatu yang penting
Kode merupakan kategori-kategori
Manfaat koding
Untuk mendapatkan kembali kata-kata yang paling bermakna untuk merangkai kata-kata seperlunya.

Kalau saya lebih suka membuat matrik tentang tiga masalah. Buat saja table tentang masalah apa, kemudian beri kolom tiga jawaban itu. Ya buat table lah.

Untuk penelitian kualitatif yang bagus, perlu lampiran transkrip. Pengalaman saya menguji, 80% mahasiswa tidak memiliki transkrip data. Dalam mentranskrip bisa dengan bantuan. Tapi untuk reduksinya saya sendiri. Tapi lebih bagus, yang menstranskrip ya peneliti sendiri. Karena peneliti tahu tentang apa yang ada pada rekaman. Jika peneliti yang menstranskrip, langsung bisa member catatan. Catatan ini penting karena akan mengarah pada analisis dokumen. Jadi lebih baik di transkrip oleh peneliti saya. Ini menguntungkan sekali, telah langsung member interpretasi data.

Dalam penelitian saya, menghasilkan teori tentang penghargaan social semu pada para tkw. Itu untuk s3. Tapi s2 juga bisa menemukan teori. Dalam thesis, biasanya mengkroscek data dengan teori yang ada.

Dalam penelitian kualitatif, kecukupan data tidak dipengaruhi oleh jumlah data. Kalo dengan data satu, tapi sudah cukup datanya, ya sudah. Tidak banyak-banyak, yang penting kecukupan data. Oleh karena itu, ketika peneliti di Tanya tentang brapa objek penelitian data, jawabnya ya tentang ketercukupan data, jangan jawab jumlahnya, misalnya jumlahnya lima. Gitu… ya…

Dalam penelitian saya, banyak menemukan dekonstruksi teori. Misalnya, memiliki setiap ibu ingin punya anak lai-laki. Tetapi ada ibu yang menyesal punya anak laki-laki. Eh.. ternyata ibunya itu berpandangan bahwa anak laki-laki tidak bisa jadi tkw. Laki-laki hanya bisa jadi tki, resmi. Kalo tkw itu kan murah karena banyak calo nya.

Penelitian kualitatif itu menarik.