Galery

Galery

Orientasi Prodi Pend. IPS

Prof. Wasino
26 september 2010

Apa sih hebatnya s2 pendidikan ips unnes?
Prodi pendidikan ips unnes mencetak guru ips yang ahli dibidang ips. Banyak ahli di bidang ips tapi tidak bisa menjadi guru ips. Itulah kehebatan pendidikan ips unnes.  
Mencetak guru secara kontekstual dan berbasis IT.
Mencetak peneliti tentang pembelajaran IPS dan masalah-masalah sosial berbasis pendidikan mutakhir dan berbasis teori-teori sosial.
Mencetak ahli/konsultan dibidang maslah-masalah sosial melalui pendidikan

Setelah lulus s2 pendidikan ips unnes, mau apa?
Menjadi guru secara kontekstual dan berbasis IT.
Menjadi peneliti tentang pembelajaran IPS dan masalah-masalah sosial berbasis pendidikan mutakhir dan berbasis teori-teori sosial.
Menjadi ahli/konsultan dibidang maslah-masalah sosial melalui pendidikan

Apakah di prodi pend. Ips ada KKL?
Ada. KKL satu kali. Lokasi dan tujuan KKL diserahkan pada mahasiswa. Setiap mahasiswa dianggap menyelesaikan KKL jika telah KKL dan melaporkannya. Waktu dilaksanakan pada saat liburan sekolah.  KKL akan dilakukan pada semester tiga.

Apakah di prodi pend. Ips ada beasiswa?
Ada. Beasiswa untuk mahasiswa post graduate. Banyak beasiswa yang ditawarkan. Unnes juga akan melakukan kerjasama penelitian dengan mahasiswa pasca. Ada juga yang mencari sponsor dari perusahaan. Prodi Pendidikan IPS akan memfasilitasi program beasiswa.

Apa tujuan dari pembukaan prodi Pendidikan IPS?
-         menjadi ahli pendidikan ips yang peka terhadap masalah-masalah sosial
-         ahli pembelajaran ips
-         peneliti dan penulis di bidang pendidikan ips
-         ahli ilmu sosial berbasis pendidikan
-         ahli pendidikan ips

Apa saja di pelajari dalam pendidikan IPS?
Jumlah SKS yang harus dipenuhi yaitu 24 sks. (lihat kurikulum di http://pps.unnes.ac.id/). Kuliah tatapmuka dilakukan pada semester 1 dan 3. pada semester 4 difokuskan untuk menyelesaikan thesis.

Kapan dapat membuat thesis?
Penulisan thesis dapat direnakan pada awal semester. Pada semester 2 mahasiswa diwajibkan seminar IPS. Seminar IPS yaitu menyeminarkan proposal.  Pada semester dua, mahasiswa dapat mengajukan calon pembimbing thesis. Pada akhir semester 3, mendapatkan sk dosen pembimbing. Pada semester 4 melakukan penelitian dan melaporkan. Ujian dilakukan dua kali. Pertama, ujian draf. Ujian draf akan mendatangkan reviewer ahli. Tujuan dari ujian draf yaitu memperbaiki draf thesis yang akan diujikan. Kedua, ujian thesis.

Apakah ada ujian komprehensif?
Ada

Apakah di pendidikan IPS ada professor killer?
Tidak ada. Dosen di pendidikan IPS relative muda-muda. Tidak ada dosen killer di pendidikan IPS.

Apakah sertivikat Toofell wajib dimiliki mahasiswa?
Ya. Mahasiswa yang akan ujian thesis wajib melampirkan sertivikat toofell.

Bagaimana proses administrasi di pendidikan ips pascaunnes?
Sekarang proses administrasi perkuliahan dilakukan dengan online. Mulai dari membayar spp, presensi kehadiran, nilai mata kuliah, dikerjakan oleh sikadu unnes.

Bagaimana dapat lulus cepat?
Mahasiswa diharapkan membuat planning. Planning itu isinya tentang bagaimana dapat hadir kuliah, bagaimana dapat menyelesaikan tugas, bagaimana dapat menyusun proposal, penelitian thesis dan ujiannya. Semester tiga, mahasiswa harus sudah siap penelitian.