Galery

Galery

Kebenaran Sejarah


Kebenaran Sejarah
Prof. Abu Suud

Tontonan seronok yang ada di media massa, bagi kita enak-enak saja, tapi kalau kita sudah punyak dan cucu, maka kita akan terasa.

Tapi media massa ini kan dapat dana dari iklan. Untuk itu tayangan yang seronok itu akan disenangai iklan, karena tayangan tersebut itu harus menarik.

Lantas bagaimana efeck dari tayangan-tayagnan yang seronok itu? bagaimana jika mereka yang menonton itu tidak punya pelabuhan? Apakah ini akan dibuka pelabuhan-pelabuhan baru? Ha………

Kalau pekerjaan itu dapat dipersingkat, kenapa tidak dipersingkat? Tapi di Indonesia tidak. Kalau pekerjaan itu dapat diperpanjang, kenapa tidak diperpanjang? Ha……

Siapa yang hafal lagu matahari terbit? Kemarin di soal cpns departemen perdagangan muncul soal itu. apakah nanti departemen perdagangan akan dagangan kaset SBY? Ha….

--

Saya pernah menulis buku “revitalisasi pendidikan ips”. Pernah di bedah. Yang intinya memnghidupkan kembali pendidikan IPS.
 Problem cara pandang
-         orang tua sinis kalau anaknya masuk jurusan ips
-         dalam pekerjaan, ips juga tidak bisa jadi dokter. Mungkin kedepan perlu ada dokter ips

Dalam buku tersebut saya menuliskan, bahwa ips dapat membantu anak sampai kedewasaan. presiden butuh ips. Presiden Cili dan presiden amerika itu ips nya bagus sekali. Presiden amerika lebih mengutamakan bocoran minyak di lepas pantai di teluk mexico dari pada berwisata ke luar negerinya. Tapi kalau Indonesia? Ha…padahal bisa, apalagi di daratan, tapi SBY tidak sampai hati menekan Bakrie karena ada kaintannya dengan pertalian politik.

Di cili juga demikian, terjadi longsor tambang, dengan kedalaman setengah kilometer. Presiden dan ibu Negara nongkrongin bencana itu. akhirnya tertolong buruh kasar tambang itu dari maut. Tapi apa yang terjadi di Indonesia.

Ips itu menjadikan dokter dan insinyur yang manusia. Pada umumnya dokter itu ahli mengobati penyakit. Insinyur adalah ahli yang membuat rancang bangun. Tapi bisa saja produknya itu jauh dari manusiawi.

Ada perencanaan di irian, tata kotanya bagus-bagus. Tapi rumah di sana tidak mengindahkan bangunan teras untuk mengobrol dengan tetangganya. Di irian juga tidak ada ruang untuk bermain anak-anak. Kemudian rancang bangun dari amerika itu dibatalkan kemudian di masukkan nilai-nilai ilmu sosial.
Lihat saja rumah jawa. Ada ruang untuk bercengkrama, untuk tiduran umum., dan ada dua sentongan yang dinamakan sentongan dewi sri, karena kepercayaan pertanian.

Dokter itukan hanya mengobati penyakit. Tapi dokter sosial itu menyembuhkan orang sakit.

Dalam buku kecil saya itu saya mengatakan, ips untuk dokter, buat bupati. Revitalisasi  semacam itu kita perlu bangga.  Kegagalan terbesar guru-guru ips adalah terjadinya tsunami.

(ayo prof. lanjutkan hubungan tsunami dengan guru ips, jangan cerita yang lain, he……….)

Anak saya pernah bertanya, pakkita ini lahir kan bukan kehendak kita, kenapa kita harus di uji. kayaknya tuhan menikmati ketakutan ini. Kemudian saya jawab, kalau kita mau masuk ke hotel kemudian makan yang enak-enak, maka kita perlu membayarnya. Tuhan itu tidak memaksan kalian itu untuk beribadah. Tapi manusia diberi otak, diberi hati untuk bisa merasakan, diberi masa lalu (pribadi dan atau bangsa), diberi petunjuk agama (sebuah petunjuk pilihan), maka kewajiban manusia sendiri untuk memilih yang baik, bukan memilih yang jelek, ya salahnya sendiri. Ha…………..

Banyak mubaliq mengatakan, semata-mata tugas manusia hanya untuk menyembah/ mengabdi Tuhan. Lha mengabdi itu selama ini hanya diartikan hanya solat, puasa, zakat, haji.

Pertanyaannya, berapa menit kita menyembah Tuhan. Kalau solat itu 5 menit.5 X 5 = 25 menit. Sehari semalam 24 jam. Tapi untuk Tuhan hanya 25 menit. Kita merasa berdosa, mengingkari Tuhan, akibat ajaran di atas. (lha terus piye prof). Tetapi lupa ada ucapan Tuhan yang jarang disentuh. Agama itu kan untuk kesejahteraan hidup. Jadi setiap orang itu harus menciptakan instrument untuk mensejahterakan hidup, itulah arti menyembah/beribadah. Tuhan menurut saya telah menyediaakan instrument yang banyak untuk kesejahteraan orang banyak. Kembali pada menjawab anak saya tadi, bahwa Tuhan telah menyediaakan. Jadi Tuhan bukan menikmati.
--
Pendidikan sejarah adalah pendidikan nilai.
Fungsi sejarah ada tiga;
  1. Fungsi geneologis.
Dengan sejarah, suatu bangsa dapat mencatatat geneologi bangsanya.
  1. Fungsi didaktis
Dengan sejarah, sebagai alat pendidikan politik
Guru sejarah itu pertama masuk neraka, karena sering ngrasani. Guru sejarah itu seperti panduan kur, bisanya hanya mengamini kekuasaan. Sejarah berfugsi membentuk karakter bangsa untuk yang dimaui rezim. Semunya bilang AMIN. Ini semunya pendidikan politik. Ganti rezim, ganti ajaran lagi. Ha……..
  1. Fungsi kajian ilmu
Dengan sejarah, sejarah sebagai objek kajian ilmu. Misalnya ada berbagai sumber yang mengatakan siapa yang memimpin serangan umum 1 maret? Disinilah fungsi sejarah yang tampil dengan kajian ilmu.

Kebenaran sejarah
Ada dua kebenaran, yaitu kebenaran berdasarkan faktas dan kebenaran berdasarkan tulisan. Pada dasarnya sejarah merupakan ilmu subjektif, bukan ilmu objektif. Sebuah ilustrasi,

orang-orang islam pada sembahyang pada rokaat terakhir, menggerakkan jari telunjuk dengan mengucapkan syahadat. Ternyata tindakan itu tidak semua sama. Itu karena sejarah sebagai kebenaran tulisan. 

coba kamu gambar pemandangan. coba kamu gambar anjing, kucing. lho ternyata gambarnya beda-beda. ternyata kebenaran itu adalah sebuah perspektif. tapi kenapa orang indonesia selalu menggambar pemandangan itu pohon, gunung, jalan, matahari, mendung? kenapa juga orang indonesia kalau menggambar binatang, selalu menghadap ke kiri? semoga kita memiliki banyak perspektif. dengan banyak perspektif mudah2an menghasilkan alternatif untuk menjawab masalah.

__
saya akan membagi biola,
kelas ini tolong di bentuk 6 kelompok. Kemudian buatlah makalah seperti pada kerangka perkuliahan yang telah saya berikan. 13 topik
masing-masing kelompok gunakan persepsi masing-masing. Tiap kelompok akan tampail di depan ini.
Berikut 13 topik;
  1. arti prspektif sejarah 
  2. pengertian sejarah
  3. nama-nama lain
  4. aspek sejarah
  5. wawasan sejarah
  6. gerak sejarah
  7. arah perubahan
  8. perubahan dalam sejarah
  9. tempo perubahan
  10. penggerak perubahan
  11. posisi sejarah dalam dunia ilmu
  12. fungsi sejarah
  13. kebenaran sejarah

font ukuran 20, tiga halaman,  


TUGAS:
Kuliah ke depan, kamu yang memulai, agar kamu pinter, jangan monolog seperti ini.

ternyata prof abu lupa, hubungan tsunami dengan kegagalan guru ips. besok depan dibayar ya prof janjinya.
salam dari suhadi rembang.