Galery

Galery

Perencanaan dan Inovasi Pendidikan IPS

Saya memandang perencaan pembelajaran kita (indonesia) ini tidak konsisten. Ada kontrakdiksi antara model inovasi pembelajaran dengan standar kelulusan di ujian nasional. Lihat saja model pembelajaran X yang harus kontekstual, namun dalam skl un harus berbasis kognitif. Inilah problem standar isi dengan standar proses dan standar kompetensi  lulusan.

Pendidikan kita ini ada standar mutunya. Lihat PP no.19 tahun 2005 di dalamnya terdapat 8 standar nasional  pendidikan. Bagaimana mengukur mutu pendidikan nasional kita, ya lihat saja standar mutu pendidikan kita ini.

Kadangkala setiap standar dalam PP tersebut terkadang tumpang tindih. Keadaannya memang demikian, lha bagaimana lagi.

:::negara kita ini gila, mosok gayus di suruh minggat. Karena kalau gayus masih ada di Indonesia, semua pejabat akan kena semua. Iki piye iki:::

aku gak mudeng, ini kuliah e piye………………..

dinegara maju, setiap kurikulum digunakan dalam jangka waktu 10 tahun. Di kita  tidak, kurikulum dibuat oleh menteri. Jdai setiap ganti menteri ya ganti kurikulum. Payah ini …

Indonesia dalam perkembangan kurikulum nasional, telah berganti tujuh kali pergantian kurikulum, mulai dari kurikulum 1968, 1975, 1984, 1994, 2002, 2004, eqn kurikulum 2006.

Semua kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu pancasila dan uud 1945. Perbedaannya adalah pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan serta pendekatan dalam merealisasikannya.

Inovasi kurikulum 1968:
-          terdapat pancawardhana yaitu pengembangan moral, kecerdasan, emosional, keprigelan, dan jasmani.
-          Pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus (life skill).

Inovasi kurikulum 1975:
- sehat jasmani, rohani, penegtahuan dan ketrampilan, kreativitas dan tanggung jawab, demokrasi, tenggang rasa, kecerdasan tinggi, budi pekerti luhur, mencintai bangsanya dan sesama manusia sesuai dengan ketentuan yang termask dalam UUD 1945.

Inovasi Kurikulum 1984:
-          Semesta; logika, etika, estetika, ketrampilan, nilai-nilai moral dan spiritual.  
-          Menyeluruh; pendidikan untuk seumur hidup, meliputi pendidikan sekolah dan luar sekolah.
-          Terpadu; baik pendidikan sekolah maupun luar sekolah termasuk madrasah merupakan suatu keterpaduan di dalam sisdiknas.  

Inovasi Kurikulum 1994:
-          Kurikulum 1984 terlalu padat
-          Perlu perubahan

Inovasi Kurikulum 2002:
-          Dari sentralistik ke desentralistik

Inovasi Kurikulum 2004
-          Kurikulum KBK, tapi belum pernah di berikan

Inovasi Kurikulum 2006
-          Kurikulum KTSP


Ilmu pengetahuan sosial
-          IPS: dipandang tidak bermanfaat untuk pembangunan bangsa. Tidak seperti IPA yang hasilnya dapat di nikmati.
-          Sedangkan ilmu sosial yang mempunyai objek , membangun dan membina masyarakat baik individu-keluarga-dan anggota masyarakat tidak dapat segera terlihat hasilnya.
-          Kurikulum pendidikan IPS: dalam tujuan pendidikan nasional dapat dilihat banyak ilmu sosialnya, lihat saja “peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia, berbudi pekerti luhur dan berpengetahuan, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasis serta bertanggung jawab.
-          Keterlibatan melibatkan subjek didik dalam berbagai persoalan hidupdi masyarakat.
-          Pendidikan ips tidak lagi bersifat sentralistik-seragam-mengikat-tetapi harus disesuaikan dengan kondisi sekolah dan lngkungannya.
-           Dalam body of knowlage, PKn dan ips berdiri sendiri.
-          Ips pada hakikatnya sebagai integrasi yang utuh dari disilin ilmu-ilmu sosial
-          Ips selanjutnya PKn hanya mendekung menjadi warga negara yang baik atau yang disebut citizenship education)

Prinsip pengembangan kurikulum:
1.       Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. Misalnya sekolah yang dekat dengan hutan, siswanya di ajak ke hutan. Siswa yang dekat dengan pantai, diajak ke laut, dan lain-lain.
2.       Dll. (lihat selengkapnya pada slide ppt dari prof. rusdarti)

Tugas: mencari artikel tentang inovasi pendidikan. Kemudian direview dalam satu lembar kerta tulisan tangan. Ok teman-teman. Dikumpulkan pertemuan yang akan datang.