Galery

Galery

Diskusi Pembelajaran IPS Terpadu

Menurut bu Woro Kristiningtyas, pendekatan tematik dapat dijakan sebagai model pembelajaran ips terpadu di SMP. 

bu tri wahyuni: 
"di smp itu, kurikulum yang kita terima itu ips terpadu, tapi kenyataannya tidak ada yang dipadukan, baik dalam rpp atau dalam pengajaran. Ini bagaimana?"

prof abu:
"menurut jenengan ini tidak konsisten gitu?"

bu tri wahyuni: 
"ya"

bu woro: 
"terimakasih. pertanyaan yang bagus. silahkan penanya selanjutnya"

pak edi kirim surat: 
"bagaimana yang harus dilakukan guru dalam menindaklanjuti ips terpadu" 

pak suhadi pekalogan
"model-model ips terpadu itu yang bagaimana to?"

bu woro: 
"ok, akan dijawab kelompok kami. pertanyaan yang bagus-bagus semuanya"

pak santoso: 
"apa yang perlu dilakukan guru. gampang. ngene lho. pertama, merencanakan. dua, melaksanakan. tiga, evaluasi. ok. saya kira itu"

(diam sebentar dengan suara yang agak lirih)

"selanjutnya model yang diharapkan bagaimana? gampang. kita bisa pake model tematik dan kolaboratik. gitu aja kok repot!"

pak abu:
"istilah kolaboratif itu dari mana? kok jenengan nyebut-nyebut kolaboratif!"

(wah bose nesu)

"co dan labour. co itu bersama. labour itu kerja. colaborator itu memiliki citra yang jelek. dulu pak karno pernah dituding colaborator" 

(diam sebentar) 

"hati-hati kalau memilih term dalam pendidikan ips. ok. lanjutkan"

bu woro: 
"KKM itu sudah ada permen-nya"

(nano-nano ya bu, he.....) 

"pengalaman saya

pak abu: 
"gampang aja, beri contekan masal aja"

(prof abu sambil mrengut: mungkin jengkel melihat realitas nyontek masala saat ini)

bu tri: 
"kita perlu merancang pembelajaran ips terpadu, untuk hal ini, saya sudah bisa, nanti tak beri tahu. ok. hidup mas candra"

pak abu: 
"ini pembahasan yang menarik. untuk itu nanti menjadi bahan ujian. masing-masing mengemukakan: 
- secara konsep (kurikulum) kelemahan  pengajaran ips terpadu itu apa?
- secara faktual sekolah anda kondisinya bagaimana?
- solusi tentang langkah-langkah alternatif apa yang dapat dilakukan tapi visibel dalam rancangan pengajaran ips terpadu. 
catatan: membuat evaluasi team teaching dalam mata kuliah ini (saya dengan pak wasino) satu paragraf. ini sebagai ujian terakahir mata kuliah ini".

saya kira itu saja, mohon maaf atas segala kekurangan saya. sampai ketemu hari masuk pertama."

(kemudian di tutup oelh bu woro, dan semunya senyum gembira).